Memiliki keahlian dalam bidang fashion, tidak menutup
kemungkinan akan mendatangkan keuntungan. Saat Anda memiliki kegemaran
seperti menggambar atau mendesain baju misalnya, akan lebih baik jika
diaplikasikan dalam bisnis fashion.
Selain kreatifitas Anda yang akan terus berkembang, Anda juga
akan mendapatkan keuntungan dari hobi Anda. Yah, membangun bisnis fashion tidak
sama dengan bisnis lainnya. Banyak hal yang harus dipikirkan.
1. Berpikir Sebagai Seorang
Pengusaha
Untuk membangun sebuah bisnis fashion yang sukses, Anda
harus berpikir seperti seorang pengusaha dari awal. Itu berarti memahami
bagaimana cara kerja bisnis dan menyusun rencana dalam jangka pendek,
tujuan jangka menengah dan jangka panjang. Membangun hubungan yang solid dengan
produsen, pembeli dan investor akan sangat membantu.
Menjadi seorang pengusaha yang baik juga berarti memiliki
keinginan dan tekad.
2. Mengenali Pentingnya Pengembangan
Produk
Menetapkan harga yang tepat untuk produk Anda
sangat penting. Dimulai dengan mengetahui berapa jumlah pedagang
yang memiliki minat terhadap pakaian yang Anda pasarkan, menghitung
berapa banyak bahan yang Anda habiskan dan manufaktur sementara.
Tidak bisa dipungkiri, ini menjadi poin penting yang akan
menunjang bisnis fashion Anda.
3. Mengapa Anda Harus Memulai
Bisnis Ini?
Sangat penting untuk memiliki visi yang kuat dan
mengetahui identitas Anda sejak awal. Para desainer muda
perlu memahami apa yang mereka dan mengapa mereka memulai bisnis fashion ini”
kata Vanessa Friedman, direktur fashion The New York Times.
4. Memahami dan Mengatasi Tantangan
Produksi
Bisnis baru sering berada dalam keadaan yang tidak seimbang.
Terkadang, Anda hanya mendapat pemesanan dalam jumlah kecil yang membuat
Anda dalam posisi sulit dan harus berjuang pada produsen.
Mereka mungkin akan meminta Anda untuk deposit lama sebelum Anda
akan menerima pembayaran dari pengecer. Ini mungkin sulit, tetapi
usahakan untuk segera membayar sehingga produksi tidak tertunda. Jika tidak,
anda bisa berakhir dengan masalah.
5. Menemukan Kunci untuk Penjualan
dan Distribusi
Untuk menjadi sukses, Anda akan perlu untuk mendapatkan
perhatian pembeli. Mereka ingin tahu apa yang unik tentang produk Anda,
bagaimana hal itu cocok dengan mereka dibandingkan dengan merek yang lain,
apakah harga yang ditawarkan tepat, dan apakah bisnis Anda terstruktur dengan
baik.
Mereka perlu tahu bagaimana membandingkan barang yang
dijual dengan pesaing. Siapa yang akan membeli produk
tersebut? Di mana Anda ingin menjual, realistis? Apakah
harganya tepat? Pertanyaan-pertanyaan ini harus dijawab
sebelum Anda memulai mendesain.
Jika berencana untuk menjual secara online, Anda harus menyadari
bahwa produk apa yang paling populer, dan setiap pakaian dengan bentuk
yang tidak biasa atau pas akan menjadi sulit laku. Penting
untuk Anda menjelaskan segala detail mengenai pakaian yang dipasarkan.
6. Pentingnya Kas, Pendanaan dan
Pembiayaan
Salah satu tantangan terbesar yang akan Anda hadapi sebagai
bisnis fashion pemula adalah pengeluaran untuk pengembangan produk dan
manufaktur dari pengecer atau pelanggan.
Dari awal, Anda harus tahu dari mana dana Anda berasal dan
menjaga keuangan Anda tetap stabil. Mengambil investasi dapat berarti
kehilangan beberapa kendali dalam bisnis. Jadi pikirkan dengan hati-hati.
0 comments:
Post a Comment