Thursday, March 9, 2017

7 Kunci Bikin Karya Hebat



Hai, di kesempatan ini, saya akan sharing tentang "7 Kunci Bikin Karya Hebat". Saya coba sarikan dari pengalaman saya berkarir di dunia Creativepreneur selama lebih dari lima belas tahun ini. Semoga saja memberi banyak pencerahan yang bermanfaat ;)
Karya atau portfolio adalah kreasi yang kita buat dan hasilkan dari skill dan passion yang kita miliki dan jalani. Setiap kita, siapapun dia dan dengan latar belakang maupun beraneka keahlian dan minat yang masing masing mereka miliki, sebaiknya memiliki karya atau portfolio dalam hidup ini. Mengapa?

Karena karya atau portfolio itulah "wajah dan cerminan" dari kompetensi, rekam jejak dan prestasi kita. Siapapun akan dapat melihat kemampuan dan keahlian yang kita miliki, sehingga dapat menjadi bahan masukan, pertimbangan maupun data riil bagi pihak lain yang nantinya berimbas dalam banyak hal, baik dalam hal kerjasama, bersinergi, project, dan lainnya.
Tanpa karya atau portfolio, kita tidak dapat menunjukkan potensi dan skill yang kita miliki, kita juga sulit untuk bersinergi dan bekerjasama dengan pihak lain dikarenakan kita tak punya karya. Selain itu kita juga tak punya nilai dan daya tarik yang dapat kita tawarkan kepada orang lain, sehingga kita tidak punya bargaining position yang kuat. Dan masih banyak efek efek negatif lainnya yang sangat disayangkan.
Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu berkarya dan berkreasi dalam setiap waktu yang kita miliki dan dengan kualitas hasil karya yang keren dan hebat.
Nah, berikut tujuh kunci bikin karya yang hebat ,yang saya sarikan dari pengalaman saya selama ini dalam berkarya membuat suatu Animasi dan Desain. Anda juga dapat menerapkan tujuh kunci untuk karya karya di bidang lainnya di luar dari bidang Animasi dan Desain.
Oke, kita mulai ya ;)

1.       Miliki passion yang kuat. Passion memegang peran penting dalam membuat suatu karya yang hebat, karena dengan passsion kita akan optimal dan sepenuh hati dalam berkarya. Gangguan yang datang, akan mampu kita lewati dengan baik. Passion adalah "api" penyemangat bagi diri kita dalam berkarya.

2.      Lihat banyak referensi. Cari dan lihatlah banyak referensi dari apapun sumbernya, baik dari internet, youtube, social media, buku, majalah, dan lainnya. Ini semua akan menjadi aset dan "harta" yang sangat bernilai bagi kita. Serap ide ide menarik dari berbagai referensi itu, lalu modifikasi dan kembangkan dengan kemampuan kita. Tanpa punya banyak referensi, kita tidak dapat membuat karya yang hebat, karena terbatasnya ide dan kreatifitas yang kita punya, terlebih bila kita masih belum memiliki pengalaman yang mencukupi.

3.      Susun ide yang menarik. Setelah referensi di lihat dan dipelajari maka kita akan mulai menemukan banyak ide ide yang menarik untuk di angkat. Susunlah ide, gagasan dan cerita yang menarik dalam karya karya yang kita buat. Ide sangat berperan penting untuk membuat suatu karya tampil hebat dan mengagumkan.

4.      Buat konsep desain yang unik. Setelah ide dan cerita berhasil di susun, selanjutnya mulailah buat konsep desain untuk karya kita. Konsep desain ini adalah rancangan atau sketsa bentuk awal dari ide/cerita kita. Konsep desain ini mencakup antara lain lima elemen utama, yakni: lay out, warna, tipografi, gambar dan bentuk. Kombinasikan elemen elemen ini sehingga saling "menyatu dan selaras" dengan baik.

5.      Miliki dan asah skill teknisnya. Asah selalu skill teknis kita, agar kita dapat "menerjemahkan" ide dan konsep desain yang telah kita buat sebelumnya menjadi tampil indah dan menawan dalam bentuk visual (baik berupa manual ataupun berupa digital). Maka selalulah berlatih meningkatkan skill teknis yang kita miliki.

6.      Lakukan dengan kesungguhan dan totalitas. Kesungguhan dan totalitas akan membuat diri kita menjadi semakin "all out" dalam berkarya. Tanpa kesungguhan, karya kita akan jadi karya yang biasa biasa saja. Totalitas akan memberi dampak yang kuat pada setiap karya kita. Setiap karya karya besar, lahir dari kesungguhan dan totalitas sang pembuatnya.

7.      Selalu positif dan happy dalam berkarya. Perasaan positif dan happy (gembira) harus selalu "dibangun" dalam setiap kegiatan dan hari hari kita, termasuk dalam menghasilkan suatu karya. Dengan rasa positif, pikiran dan hati kita menjadi tenang dan "jernih". Dengan rasa happy, semua ide akan "mengalir" dengan lancar ;) Maka selalulah bergembira dalam berkarya, karena ini adalah salah satu kunci penting dalam membuat karya yang hebat.
Sekian dulu sharing kita kali ini. Semoga memberi banyak manfaat :) Amin. Untuk pertanyaan seputar Animasi dan Kreatif, silahkan kirimkan ke email dreamarchanimation2010@gmail.com. (Aditya ST).

sumber: medanbisnisdaily.com


0 comments:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com